Inilah 10 Perusahaan Minyak Terbesar di Indonesia



Produksi minyak pertahun di Indonesia mencapai 800.000 barel per hari (bph). Produksi tersebut berasal dari 54 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS). Laporan ini diperoleh dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gasbumi (SKK Migas).

PT Chevron Pacific Indonesia tercatat sebagai produsen minyak terbesar di Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mampuh memproduksi minyak 308.528 bph per hari. Kemudian disusul anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina EP yang menghasilkan minyak sebanyak 113.152 bph. Di posisi ketiga ada perusahaan minyak asal Prancis PT Total E&P Indonesia yang memproduksi 66.053 bph.

Adapun daftar 10 perusahaan minyak terbesar di Indonesia sebagai berikut :

PT Chevron Pacific Indonesia
Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah anak perusahaan dari Chevron yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia.

PT Pertamina
Pertamina (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Total Indonesie
Total E&P Indonesie didirikan di Jakarta, 14 Agustus 1968, dengan lapangan awal saat itu diseputar delta mahakam. Lapangan awal mereka di bekapai dan Handil kala itu, diperkuat dengan ditemukannya lapangan Tambora pada tahun 1974 dan Tunu pada tahun 1977. Lapangan Tunu yang dikembangkan pada tahun 90-an menjadi penyumbang utama supply gas bagi Total E&P Indonesie hingga kini.

PHE ONWJ
Pertamina Hulu Energi ONWJ (PHE ONWJ), sebuah perusahaan beralih kepemilikannya dari BP West Java ke Pertamina sejak Juli 2009. Memiliki standar operasional yang bertaraf internasional, PHE ONWJ beroperasi dengan didasari komitmen terhadap perkembangan produksi dan kontinuitas bisnis yang akan memperkuat pilar-pilar perekonomian nasional. Didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dengan teknologi terkini, PHE ONWJ ikut mengambil bagian dalam mendukung Pertamina sebagai sebuah perusahaan nasional berkelas dunia.

CNOOC SES LTD
CNOOC Southeast Sumatra Ltd adalah perusahaan yang merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama dengan BPMIGAS yang menguasai wilayah Lepas pantai Laut Jawa, +90 km sebelah Utara Teluk Jakarta.

Conoco Philips Indonesia Ltd
ConocoPhillips adalah perusahaan energi yang integral dalam skala internasional. ConocoPhillips adalah perusahaan energi terintegrasi ketiga terbesar di Amerika Serikat berdasarkan kapitalisasi pasar dan cadangan terbukti minyak dan gas. Conocophillips merupakan pengilang terbesar kedua di Amerika Serikat.

Mobil Cepu Ltd
Mobil Cepu Ltd. (MCL) dan Ampolex (Cepu) Pte. Ltd., keduanya adalah anak perusahaan Exxon Mobil Corporation, adalah kontraktor untuk Kontrak Kerjasama Cepu bersama dengan PT Pertamina EP Cepu, anak perusahaan PT Pertamina dan 4 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sebagaimana disyaratkan dalam Kontrak Kerja Sama (KKS) tersebut.

Chevron Indonesia
Chevron Indonesia (dahulu bernama Unocal Indonesia) adalah sebuah perusahaan minyak dan gas di Indonesia. Pergantian nama perusahaan berlaku setelah disetujuinya dilakukan merger dengan Chevron pada rapat pemegang saham Unocal Corporation tanggal 10 Agustus 2005. Chevron Indonesia Company, atau CICo, adalah satu dari beberapa perusahaan dari Chevron IndoAsia Business Unit.

 PHE WMO
Pada tahun 2011 PHE WMO secara resmi ditunjuk sebagai minyak dan operator gas di West Madura, perjanjian ini efektif melalui 2031. Sejarah lapangan dapat ditelusuri kembali ke tahun 1967, ketika Layanan Kota menandatangani Perjanjian Eksplorasi, yang kemudian dilanjutkan oleh kontraktor Korea sampai 2011.

Petro China
PetroChina Company Limited, adalah perusahaan minyak dan gas Cina dan lengan terdaftar dari BUMN China National Petroleum Corporation, yang berkantor pusat di Distrik Dongcheng, Beijing. Ini adalah produsen minyak terbesar China.

Inilah Total produksi mereka per hari: Chevron Pacific Indonesia 308.523 bph, Pertamina 113.152 bph, Total E&P Indonesie 66.053 bph, PHE ONWJ 36.854 bph, CNOOC SES LTD 34,005 bph, Conoco Philips Indonesia Ltd 30,641 bph, Mobil Cepu Ltd 27.104 bph, Chevron Indonesia 19.244 bph, PHE WMO 18.607 bph, Petro China 15.406 bph