Cara Cegah dan Perawatan Karies Gigi Anak


Karies gigi atau gigi berlubang akan berpengaruh terhadap jaringan yang terdapat dalam mulut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans ditandai dengan gejala awal munculnya lapisan pada gigi yang lengket dan melapisi permukaan gigi.

Inilah yang disebut plak yang didalamnya mengandung zat asam pemicu karies gigi. Adanya zat asam ini membuat jaringan keras pada gigi jadi larut sehingga muncullah karies gigi.

Pencegahan dan pengobatan karies pada gigi anak bisa dilakukan dengan mudah. Cara yang paling jitu adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Ajarkan anak untuk membiasakan gosok gigi baik setelah makan maupun sebelum tidur
  2. Bersihkan permukaan gigi dari plak yang menempel agar sisa-sisa umakanan terangkat
  3. Kurangi mengkonsumsi yang manis-manis seperti buah, permen, dan coklat
  4. Rajinlah berkumur setelah makan atau minum sesuatu terutama setelah minum yang manis
  5. Hindari konsumsi soda atau minuman
  6. Periksakan kesehatan gigi dengan teratur untuk mencegah munculnya karies gigi pada anak
Bagaimana bila sudah terlanjur menjadi karies pada gigi anak?
  1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan areal gigi menggunakan kasa atau sikat gigi secara rutin.
  2. Memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan agar karies tidak berkembang dan meluas
  3. Bila gigi sudah berlubang biasanya dokter akan membuang sebagian gigi yang rusak dan menambalnya. Namun sebelumnya dokter gigi akan membersihkan gigi yang berlubang tesebut dari sisa-sisa makanan.
  4. Namun bila kerusakan gigi tersebut sangat parah dan saraf giginya mati, maka dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk mencabutnya. Sebab gigi anak yang mengalami pengeroposan biasanya masih gigi susu jadi kalau dicabut masih bisa digantikan oleh tumbuhnya gigi baru yang lebih sehat dan bagus dengan gigi permanen
  5. Sedangkan bila yang terkena karies gigi adalah gigi permanen, sebaiknya dilakukan perawatan gigi khusus untuk mempertahankannya.
Itulah beberapa cara pencegahan dan pengobatan karies pada gigi anak.